Saturday, June 14, 2014



BUAH ROH
GAL. 5:22-23

Allah menciptakan manusia sangat berharga dibandingkan dengan mahluk ciptaan yang lain bahkan melebihi malaikat, dan Allah mengharapkan dengan ciptaan yang termuliaNya dapat memberikan hasil yang menyenangkan hatiNya.
Rasul Paulus mengingatkan bahwa pohon dapat dikenali dari buahnya. pohon yang baik akan menghasilkan buah yang baik dan pohon yang jelek/rusak menghasilkan buah yang jelek juga.  perbuatan yang dihasilkaan oleh manusia berbeda-beda, ada perbuatan yang dihasilkan oleh daging dan ada juga perbuatan yang dihasilkan oleh Roh. Adapun perbuatan daging adalah sbb: percabulan, kecemaran, hawa nafsu,  penyembahan berhala, sihir, perseteruan, perselisihan, iri hati, amarah, kepentingan diri sendiri, percideraan, roh pemecah, kedengkian, kemabukan, pesta pora dan sebagainya. Semua perbuatan ini merugikan diri sendiri, merugikan orang lain bahkan menyakiti hati Tuhan.
Orang yang hidup didalam Tuhan, mengenal dan mengasihi Tuhan, maka mereka akan menghasilkan buah-buah yang dipimpin oleh Roh, buah-buah tersebut dinamakan buah-buah Roh. Dalam Galatia pasal 5:22,23 ada 9 buah Roh yaitu:
    
  • Kasih: (tdk memaksakan diri kepada orang lain, menyatakan kemurahan kepada semua manusia tanpa pandang bulu)
  • Sukacita (Ams:18:14, Ams 15:13)
  • Damai sejahtera (Yes. 9:6,Ef. 2:14,17)
  • Kesabaran
  • Kemurahan (terbuka, mengampuni tanpa batas,tidak memilih dan memihak)
  • Kebaikan
  • Kesetiaan (Ams. 20:6) Banyak orang yang baik tapi tidak semuanya bisa setia,
  • Kelemah lembutan (tutur kata bias menguatkan dan menasehati orang lain)
  • Penguasaan diri (bisa mengendalikan perkataan, tingkah laku dan perbuatan)
 
Ketika Tuhan datang untuk kedua kalinya yang dia minta dari umatnya adalah iman dan hasil dari iman itu. kita tidak dapat menghasilkan buah sendiri tapi Roh Kuduslah yang memampukan kita untuk menghasilkan buah yang dikehendaki oleh Allah. Kita tidak lagi hidup menurut perbuatan daging tapi hidup menurut perbuatan Roh yang dipimpin oleh Roh Kudus. Mari menyenangkan hati Tuhan dengan buah-buah Roh!!!. GB All.

No comments:

Post a Comment

LEMBAH ESKOL Bil 13:17-24

Banyak orang yang menjadi stres oleh karena masalah yang mereka hadapi. Bahkan, orang percaya pun banyak yang menjadi galau, karena situasi ...