Monday, August 8, 2011

USIA BUKAN MASALAH BAGI TUHAN DALAM PELAYANAN


Yosua 14:6 -15
…jadi sekarang, telah berumur delapan puluh lima tahun aku hari ini;…
Seperti kekuatanku pada waktu itu demikianlah kekuatanku sekarang untuk berperang dan untuk keluar masuk. Yosua 14:10-11


Bayangkan diri anda sebagai seorang jenderal, yang memiliki hak untuk memutuskan orang yang akan anda kirim untuk melakukan sebuah misi. Misi ini tidak main-main. Misinya adalah merebut sebuah negeri, yang didiami oleh bangsa-bangsa yang secara fisik lebih besar dari bangsa anda. Nah, anda memiliki kedua orang yang dapat anda pilih. Keduanya sebenarnya memiliki kualitas yang sama bagusnya sebagai pemimpin, namun yang membedakan adalah usianya. Yang satu sudah berusia 85 tahun sedang yang satu jauh lebih muda, berusia 48 tahun. Mana yang anda pilih dari kedua orang itu? Tentunya jika kualitasnya sama, anda akan memilih yang usianya 48 tahun, karena logikanya yang lebih muda tentu secara fisik dan tak mudah sakit-sakitan.

Yosua justru melakukan yang sebaliknya. Ia memilih orang yang berusia 85 tahun? Mengapa Yosua melakukan itu? Tentu karena orang itu adalah Kaleb. Alkitab tidak mengatakan bahwa Kaleb adalah seseorang pejuang yang besar. Namun Alkitab jelas menunjukkan bahwa Keleb memiliki iman dan hasrat yang besar, kualitas yang harus dimiliki oleh seseorang pemimpin pada masa itu maupun masa kini.
Berkali- kali bacaan Alkitab diatas menyatakan bahwa Kaleb adalah orang yang setia mengikuti Tuhan .

Kaleb mengajarkan kepada kita bahwa kepemimpinan tidak ada hubungan dengan usia. Kepemimpinan itu berkaitan dengan sikap. Kepemimpinan bukanlah masalah posisi, namun masalah watak dan pengaruh. Dalam dunia militer mungkin ada batas usia tertentu seseorang dapat terus efektif menjadi prajurit dan melakukan apa yang menjadi tugasnya, namun dalam dunia pelayanan, rasanya tidak ada batas usia. Kita adalah prajurit Allah dan terus melayani selama kita masih terus  melayani. Mungkin sekarang ini anda sudah tua ,namun demikian Anda tetap adalah seorang prajurit Allah. Menjadi tua bukan berarti Anda menjadi tidak efektif. Dengan kuasa Tuhan dan kepercayaan, seperti yang Kaleb tunjukkan, Anda akan dapat mengatasi segala rintangan yang muncul dalam pelayanan.

1 comment:

  1. masalahnya, sekarang ini masih banyak gereja yang mempersoalkan usia dalam pelayanan pastoral. bahkan saya tau ada gereja yang tidak suka diajar oleh orang yang berusia tertentu (orang muda), meskipun orang tersebut memiliki credibelitas dan kompetensi yang baik..

    bagusnya gereja yg seperti itu harus di apain yea???????

    ReplyDelete

LEMBAH ESKOL Bil 13:17-24

Banyak orang yang menjadi stres oleh karena masalah yang mereka hadapi. Bahkan, orang percaya pun banyak yang menjadi galau, karena situasi ...