Monday, January 23, 2012

Ada apa di dalam Rumah Tuhan

Mazmur 122:1 "Aku bersukacita, ketika dikatakan orang kepadaku: mari kita pergi kerumah Tuhan."

Perkataan ini di ungkapkan oleh Raja Daud, yang pemerintahannya cukup besar dan tentunya dalam pekerjaan dan kegiatan sehari-hari dengan waktu 24 jam tidak akan mencukupi waktu untuk menyelesaikan setiap pekerjaannya. Sebagai seorang Raja tidak sedikit pula permasalahan yang Daud hadapi, baik permasalahan dalam keluarga (ayat 5) demikian juga dalam kepemerintahan bahkan pribadi Daud sendiri (Maz 120:1). Kesulitan, pergumulan, tantangan, dikecewakan, sampai dalam pergumulan dosanya sendiri Daud harus melewati semua itu, dan itu semua harus diselesaikan. disisi yang lain pekerjaan menuntut harus diselesaikan dan disisi lain tantangan menekan dengan berat. Namun bukanlah satu kebetulan Daud hidup dalam Tuhan, Dia melatih diri bergaul karib dengan Tuhan dan dimulai semenjak masa mudanya dan sampai pada puncak kekuasaan Dia terus hidup dan berharap kepada Allah dan Tuhan menjawab setiap Doanya. Maz 120:1 (Dalam kesesakan aku berseru kepada Tuhan dan Ia menjawab aku).
Dalam Rumah Tuhan dia berjumpa dengan Tuhan yang memampukan dia untuk menghadapi kesulitan dan pergumulannya bahkan memberikan berkat baginya saat Daud mencari Tuhan.

Ada beberapa hal yang kita dapat peroleh dari Allah dalam Rumah Tuhan
  1. Firman Tuhan (2Raj 22:8) = Firman Tuhan bukan untuk menyenangkan telinga kita saja tetapi Firman Tuhan pasti memberikan kekuatan bagi kita yang menghadapi tantangan dan pergumulan. 
  2. Kemuliaan Tuhan (1Raj 8:10-11) = Setiap Pelayan akan mengalami pengurapan Tuhan saat melayani pekerjaan-Nya.
  3. Berkat (Maz 118:26-27) = ada berkat yang disediakan dalam hidup kita
  4. Pintu gerbang sorga (Kej 28:17) = rumah Tuhan adalah jalan masuk untuk kita menuju kepada Sorga
Kalau kita memperhatikan perkataan Daud "aku bersukacita, ketika dikatakan orang kepadaku: mari kita pergi kerumah Tuhan" artinya Daud akan marah apabila tidak ada orang yang mengingatkan dia untuk pergi kerumah Tuhan.
betapa pentingnya Rumah Tuhan bagi Daud sehingga dia mempersiapkan pembangunan Bait Allah kepada Salomo anaknya...
Membangkitkan cinta Rumah Tuhan dalam hidup kita sama membangkitkan berkat-berkat baru dari Tuhan...
seberapa banyak kesibukan kita dibandingkan dengan banyaknya kesibukan Raja Daud... Namun Daud bersukacita untuk masuk dalam Rumah Tuhan
Tuhan memberkati kita dari Dalam Rumah Tuhan...

Ibadah Minggu 22 Januari 2012
Oleh Pdt. Ivan Wowiling


No comments:

Post a Comment

LEMBAH ESKOL Bil 13:17-24

Banyak orang yang menjadi stres oleh karena masalah yang mereka hadapi. Bahkan, orang percaya pun banyak yang menjadi galau, karena situasi ...